Apa itu Fiberglass /Serat Kaca?

Tuesday, February 21st 2017. | Bisnis

Fiberglass atau dalam bahasa indonesia bisa diartikan kaca serat adalah kaca cari yang bisa dimanipulasi oleh manusia menjadi bahan serat yang tipis sekali berkisa antara 0,005 milimeter sampai dengan 0,01 milimeter. Ukuran yang sangat kecil sekali sehingga hampir tidak berasa jika dirasakan oleh mata telanjang.
Serat ini bisa dimanfaatkan menjadi layaknya kain yang bisa dipintal da dijahit seperti bahan pakain tenun layaknya baju, proses “menjahit” bahan kaca ini diresapi dengan bahan resin sehingga menjadi kuat sekali serta tahan terhadap efek korosi atau bahasa jawanya teyengen.

membuat fiberglass

Kegunan dari masing-masing bahan dalam Fiberglass :

  1. Resin, bahan ini sebagai pengganti plastik memiliki kegunaan untuk pencetakan agar fiberglass nanti terbentuk menjadi kuat tercetak dengan kekuatan yang mantap dan bagus untuk tingkat keawetan dari serta kaca nanti
  2. Katalis, layaknya reaksi kimia bahan ini memiliki kegunaan untuk zat pereaksi sehingga campurannya nanti menjadi kuat. Tentu penggunaannya gak bisa sembarangan, takaran harus pas agar hasilnya tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.
  3. Fiber (serat/matras), bahan ini punya kegunaan anti pecah sehingga menjaikan fiberglass nanti menjadi agak lentur dan mudah diatur. JIka ingin lebih tahu tentang cara membuat cetakan fiberglass, silahkan klik saja artikel tersebut. Bahasanya lengkap dan cukup padat, dijamin bermanfaat deh (wajib baca nih, beneran lo!)
  4. Talk (bedak), berupa tepung khusus yang bermanfaat untuk adonan
  5. Silicon rubber, Fungsi silicone rubber adalah sebagai bahan untuk membuat cetakan.Hasil cetakan yang dibuat berupa karet silicone yang lentur.Tidak hanya untuk cetakan resin,namun silicone rubber juga dapat digunakan sebagai cetakan gipsum,semen,clay dll.
  6. Anti lengket / vaseline, bahan ini dioleskan perlahan-lahan agar ramuan serat menjadi mudah diatur ketika mau dicetak. Fungsi Anti lengket adalah Untuk melapisi permukaan cetakan dengan bahan adonan,sehingga tidak ada kontak antara cetakan dengan adonan (misalnya adonan resin).Hal tersebut berfungsi agar lebih mudah melepaskan benda hasil cetakan dengan cetakannya. Anti lengket seperti ini dikenal dengan Mold release.

Itulah beberapa pembahasan kali ini berkaitan apa itu fiberglass, semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman Anda semakin tercerahkan.