Pengalaman Tahun Baru Di Atas Kapal Pelni

Friday, May 26th 2017. | Wisata

Malam perubahan tahun baru 2016 ke 2017 ini termasuk istimewa. Saya merayakannya diatas laut, tepatnya diatas Kapal Umsini. Ini yaitu kapal PT Pelni yang melayani rute dari Kijang menuju Maumere. Berumur 32 tahun, Kapal Umsini pada akhirnya miliki peran lain yaitu sebagai kapal wisata.

PT Pelni untuk pertama kalinya mengadakan perayaan perubahan tahun baru. Tidak tanggung-tanggung, peminat perayaan tahun baru melebihi 300 orang. Tujuan peserta yang semula 100 orang meraih keseluruhan 526 orang. Terdiri jadi 326 peserta perayaan tahun baru serta 200 penumpang asli Kapal Umsini. Jadwa kapal umsini khusus untuk wisata tidak dijadwalkan setiap hari, namun pada hari – hari tertentu.

Untuk turut dan dalam pelayaran Kapal Umsini spesial tahun baru, beberapa peserta dipatok harga tiket Rp 500. 000 per orang dewasa serta Rp 250. 000 untuk anak-anak. Harga nya termasuk terjangkau, mengingat kapal berlayar nyaris 10 jam dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju perairan Kepulauan Seribu.

Beragam acara disediakan oleh PT Pelni untuk menghibur beberapa peserta. Dari mulai aktivitas face painting atau melukis muka dengan beragam bentuk lucu, foto booth berbarengan serta segera bikin, hiburan musik live, hiburan musik diatas dek kapal, beragam permainan, hingga acara puncak yaitu pertunjukan kembang api.

Sayang pertunjukan kembang api batal karna tidak memperoleh izin dari Syahbandar, berhubung tempat Kapal Umsini berlayar juga adalah jalur penerbangan. Alhasil, kembang api digantikan dengan bunyi suling kapal serta enam kali tembakan suar.

Sebagian peserta lihat kembang api Ancol dari terlalu jauh. Walau tanpa ada pesta kembang api diatas kapal, perubahan tahun baru tetaplah jalan meriah karna hadirnya musik segera dari DJ.

Usai merayakan kemeriahan malam tahun baru, beberapa peserta kembali pada kamar semasing untuk menyongsong hari baru di tahun 2017. Tahun 2017, PT Pelni merencanakan selalu merambah bidang pariwisata serta MICE. PT Pelni tengah mempersiapkan 26 kapal yang bisa menyimpan acara wisata, rapat, pernikahan, hingga wisuda.

PT Pelni mulai merambah bidang pariwisata mulai sejak tahun 2014. ” Naik pesawat kan lebih murah, jadi orang -orang lebih pilih naik pesawat saat ini. Untuk apa berlama-lama di kapal. Saat ini mesti ganti mindset bila naik kapal Pelni itu untuk meraih maksud. Contoh tempo hari ke Raja Ampat. Ini lini usaha yang diawali saat ini. Termasuk juga tujuan dari Arief Yahya, Pelni mesti jadi hotel terapung yang berlayar di destinasi 10 prioritas, ” kata Direktur PT Pelni Elfien Guntoro waktu jumpa pers diatas Kapal Umnisi.